Bagi wanita, datang bulan adalah suatu siklus rutin yang harus dihadapi, tetapi kadang muncul gejala PMS yang sangat mengganggu kehidupan! Atasi segala gangguan PMS melalui makanan. Cara sederhana tapi terbukti efektif meredakan semua gejala datang bulan

PMS singkatan dari Post-menstrual Syndrome adalah gejala yang muncul dari ketidak seimbangan hormon estrogen dengan progesterone. Gejala PMS dialami oleh sekitar 85% wanita pada masa menstruasi. Namun kadang gejalanya bisa dimulai dari dua minggu sebelum datang bulan. Gejala umum PMS meliputi;
Jangan ngomel gak karu-karuan kalo sedang menstruasi, sebaiknya
ikuti saja tips jitu ini 


  • Iritasi
  • Perubahan Mood hingga Depresi
  • Kelelahan Tanpa Alasan
  • Buah dada menjadi lunak
  • Keram
  • Sakit perut
  • Bertambahnya berat badan
  • Rasa lapar yang luar biasa
  • Kesulitan konsentrasi
  • Sakit kepala atau pinggang


Konsep Dibelakang Metode Mengatasi Gejala PMS ini

Konsep pengobatan holistik ini sangat sederhana; Perbanyak makanan sehat terutama dari tanaman, Tingkatkan asupan protein berkualitas tinggi, dan jangan lupa lengkapi dengan lemak yang menyehatkan.

Kenapa metode ini efektif? Salah satu penyebab paling utama dari semua gejala PMS diatas adalah ketidakstabilan gula darah. Saat haid menyapa, kestabilan hormon estrogen dan progesterone terganggu, kandungan gula darah biasanya juga akan turun, saat seperti ini sakit kepala akan menjadi sahabat anda. Belum lagi munculnya keinginan untuk mengkonsumsi gula, yang menjadikan gula darah naik drastis lalu drop lagi. Nah keadaan semacam "roller-coaster" inilah yang sangat mengganggu kemampuan konsentrasi dan mood wanita saat menstruasi. Belum lagi saluran darah anda akan terganggu, akibatnya kelelahan otot, keram dan kesemutan juga datang tak diundang. :( Masih mau ngerasain haid yang menderita kayak gini? Kenapa tidak segera merubah pola makan anda untuk mengurangi gejala haid tersebut?


Apa Yang Perlu Anda Makan Saat PMS Menyiksa?

Jadi bagaimana mengatasi semua masalah datang bulan ini? Gampang! Coba anda rubah pola makan anda. Tertarik untuk mencoba? Yuk, baca lebih mendalam?! Cara ini bisa meredakan gejala diatas saat menstruasi, tapi alangkah baiknya jika anda juga menerapkanya dan menjadikanya kebiasaan rutin dalam keseharian anda.

Sayuran Hijau Penting Untuk Atasi Gejala PMS

Makanan yang satu ini gak akan ada istilah "kebanyakan" kenapa? Diet sehat adalah diet yang mengandung sayuran didalamnya, karena sayuran mengandung serat alami sehingga anda tidak perlu takut gendut ketika mengkonsumsinya. Sayur alami adalah sumber gizi, vitamin dan mineral yang paling baik disajikan dalam kedaan segar. Tapi sayuran beku yang banyak dijual di supermarket juga bagus kok. Sayangnya jika anda kesulitan memperoleh sayuran sehingga hanya bisa memperolehnya dalam kemasan kalengan atau kering, anda harus memperhatikan kandungan garam. Untuk jenis sayur terbaik sebagai pengendali gejala PMS adalah sayuran yang mengandung sedikit karbohidrat seperti bayam, kubis, sawi, dkk. Hindari sayuran yang berasal dari akar tanaman seperti kentang, wortel, ubi dll. Karena semua sayuran yang tumbuh di akar tanaman adalah sumber karbohidrat. Intinya perbanyak sayuran (daun) dan hindari sayuran akar.

Tambah Buah Bukan Hanya Saat Datang Bulan

Buah adalah makanan luar biasa yang disediakan alam untuk kita. Enak disantap dalam keadaan segar maupun setelah melalui pengolahan (dijus atau dikeringkan misalnya). Sayangnya banyak yang mengambil jalan pintas untuk menambah asupan buah seperti membeli buah kalengan atau cocktail instant, nah ketika anda ingin mengkonsumsi makanan seperti itu, ada baiknya anda cek kalo cairan yang ada didalamnya bukan sirup, cek juga tambahan pemanis buatanya. Sebaiknya utamakan buah yang masih fresh! Konsumsi buah dalam keadaan mentah lebih baik ketimbang dijus, ketika buah dijus, kandungan air akan meningkat drastis begitu juga kandungan gula sedangkan kandungan seratnya menurun. Perbanyak serat melalui buah adalah cara yang baik untuk mencegah munculnya gejala PMS. Kenapa? Karena serat dari buah dan sayur (serat larut dalam air) dapat menstabilkan gula darah, menurunkan keinginan untuk mengkonsumsi gula, dan menjadikan anda merasa lebih kenyang. Usahakan JANGAN lakukan ini HANYA saat anda mengalami PMS, tetapi coba lakukan rutin setidaknya 3x seminggu dan lihat hasilnya di bulan depan, masalah datang bulan pasti jauh lebih ringan anda hadapi!

Coba Ganti Nasi Dengan Whole Grain Dikala Menstruasi

Whole grain adalah jenis sereal utuh, di Indonesia yang paling gampang adalah oats (kan ada qua*ker o*ts) hehehe, jenis yang secara alami ada di Indonesia adalah shorgum (bahasa jawa : cantel) kenapa makanan ini berkhasiat? Kembali ke kandungan serat yang lebih tinggi, kedua makanan ini baik jika anda tertarik dengan gluten free diet, karena bagi penderita penyakit celiac keberadaan gluten akan sangat menggaggu proses penyerapan gizi, dan kesadaran akan penyakit ini di Indonesia masih sangat rendah. Kadang ada yang secara tidak sadar mengidap penyakit ini, dalam keadaan PMS masih makan nasi dan alhasil perut jadi terasa melilit. Alasan kedua adalah kandungan vitamin B kompleks yang dapat meredakan sakit kepala dan mengurangi rasa lelah dikala datang bulan.

Jangan Lupakan Biji-bijian Saat Haid

Biji-bijian yang saya maksud disini adalah legume (kacang hijau, kedelai dst) saya sering ketemu orang yang salah kaprah dengan konsep biji-bijian dan menganggap jagung dan padi sebagai legume. Jagung bukanlah legume, tetapi termasuk dalam grain, beda cerita dengan kacang, kacang termasuk dalam keluarga nut atau kacang-kacangan, tapi kacang panjang termasuk dalam legume (hahaha silahkan anda yang pusing memahami tulisan saya).

Spesial untuk legume, saya sangat menyarankan anda memakan lebih banyak kedelai (ingat tempe hehehe). Meskipun banyak "kepercayaan" bahwa protein kedelai dapat meningkatkan kandungan estrogen, saya justru melihatnya sebagai "menyeimbangkan" estrogen. Apa iya? Iya dong! Pendapat saya ini juga di backup oleh Dr. Aaron Tabor, M.D.

Tambahkan Sedikit Kacang

Kacang seperti kacang tanah adalah salah satu sumber protein terbaik dengan kandungan mineral yang cukup lengkap. Kombinasi protein dari kedelai dan kacang akan memberikan asam amino esensial yang lengkap. Pilih kacang yang tidak melalui proses penggaraman, dan jangan terlalu banyak makan kacang karena kacang mengandung lemak yang bisa menyebabkan kegemukan, hanya gunakan sebagai pelengkap saja.

Asupi Diri Anda Dengan Lemak Yang Baik

Sekali-kali coba masak dengan minyak zaitun (versi masak, bukan versi kosmetik hehehe), bisa juga mengkonsumsi sedikit VCO yang cukup mudah didapat di Indonesia. Jika anda ingin makan daging coba makan daging ikan, ikan seperti graskap, ikan mas, dan ikan sarden mengandung asam omega-3, tuna juga baik tapi jangan kebanyakan, soalnya tuna mengandung mercury yang sangat berbahaya. Kalo kesulitan mencari minyak zaitun, coba deh diganti dengan margarin/ mentega.

Tingkatkan Asupan Protein Berkualitas

Daging ayam kampung mengandung lemak yang lebih rendah dari daging ayam potong. Telur juga baik untuk kesehatan, ikan (sudah dibahas) atau daging merah (sapi, kambing) yang mengandung sedikit lemak seperti tenderloin atau sengkel. Kandungan protein rendah lemak berguna untuk menstabilkan gula darah sehingga mood anda bisa lebih stabil dan mencegah gejala hypoglycemia meskipun anda sedang dalam masa haid.

Pemilihan Bumbu Yang Tepat

Jika ingin menambah sedikit rasa pedas gunakan jahe karena jahe mengandung anti inflamasi yang berguna mempercepat pengobatan luka. Bawang juga penting sebagai anti bakterial alami untuk membantu melawan bibit penyakit yang mungkin menyerang. Kunyit mengandung curcumin yang bisa menambah nafsu makan. Kurangi asupan garam dan gula karena kedua zat ini secara langsung berpengaruh terhadap aliran peredaran darah anda. Garam dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan gula adalah zat tanpa gizi yang langsung diserap oleh tubuh sebagai sumber energi, dapat meningkatkan kandungan gula darah secara instant, tetapi begitu efeknya habis juga langsung drop. Yang kita inginkan saat anda mengalami deritanya datang bulan adalah stabilnya gula darah, jadi bisa dibilang gula adalah musuh anda saat datang bulan.

Oke, semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang mengalami masalah haid. Cara ini memang sangat sederhana dan terlihat sepele. Tapi singkirkan dulu pikiran skeptis anda, coba terapkan dan rasakan bedanya jika gejala datang bulan terasa sangat menyiksa! Mengikuti cara ini tidak seperti menenggak obat gak jelas untuk mengatasi masalah datang bulan kok, tanpa resiko, murah lagi. Jadi kenapa gak segera dieksekusi aja?

Oh ya, jangan lupa bookmark dan share ya kalo artikel ini dianggap bermanfaat ;) Biar besok gampang nyarinya. Sekalian, siapa tau bisa membantu rekan anda yang sedang mengalami masalah seputar menstruasi.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top